Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017

Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta | Berikut ini informasi lengkap harga tiket masuk Museum Vredeburg Jogja, berikut dengan sejarah singkat museum benteng vredeburg di Jogjakarta. Selain itu anda bisa dapatkan informasi jam buka, sejarah singkat, diorama, koleksi museum benteng Vredeburg Jogja. Ada beberapa sebutan yang sudah banyak dikenal seperti Museum Vredeburg, Benteng Vredeburg, Fort Vredeburg, dll. Namun semua itu mengacu kepada sebuah tempat wisata sejarah di Jogja yaitu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Anda yang belum pernah mengunjungi Museum Benteng Vredeburg Jogja? Wah rugi sekali. Museum Vredeburg adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia, dan objek wisata di Jogja ini terbilang sangat indah. Meskipun dulu ada kesan di masyarakat bahwa Benteng Vredeburg angker, terutama kesan yang didapat di Benteng Vredeburg malam hari. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Benteng yang berada di jantung Kota Jogja ini memiliki arsitektur bangunan yang cukup indah dan menarik, dan juga diorama serta benda koleksi Museum Benteng Vredeburg ini sangat lengkap. Bagi anda yang menyukai fotografi, obyek wisata di Yogyakarta yang satu ini akan mampu memuaskan hasrat berfoto anda. Bangunan benteng yang berasal dari masa kolonial Belanda terlihat sangat megah dan kokoh hingga saat ini, meskipun telah mengalami beberapa kali pemugaran.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

 

Lokasi Museum Benteng Vredeburg

Lokasi Museum Vredeburg Jogja berada di jantung KotaYogyakarta. Tepatnya berada di Titik Nol Kilometer Kota Jogja. Lokasi Benteng Vredeburg tepat berada di depan Istana Presidenan Republik Indonesia di Yogyakarta. Atau jika anda sedang berjalan-jalan di Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg berada di ujung jalan Malioboro, tepat di depan Gedung Kantor Pos Besar Yogyakarta. Anda tidak akan sulit menemukan lokasinya, karena berada di kawasan wisata Malioboro yang sangat terkenal itu. Jadi saat berjalan-jalan di Malioboro, anda bisa sekalian berkunjung ke sini. Selain dekat, harga tiket masuk Benteng Vredeburg sangatlah murah dan terjangkau.

 

Sejarah Singkat Museum Benteng Vredeburg

Sejarah singkat museum Benteng Vredeburg berawal dari pembangunannya pertama kali pada tahun 1760. Dimana pada saat itu pihak kolonial Belanda dibawah komando Gubernur Direktur Pantai Utara Jawa yang bernama Nicholaas Harting, meminta dibangunnya sebuah benteng di lokasi yang berada tepat di depan Keraton Yogyakarta guna menjaga keamanan di kawasan ini. Permintaan ini disetujui oleh pihak Istana dan Sri Sultan Hamengku Buwono I yang berkuasa saat itupun memerintahkan dimulainya pembangunan benteng.

Pada awalnya benteng ini dibangun dengan bahan yang sangat sederhana. Tiang terbuat dari batang pohon aren dan juga pohon kelapa, dindingnya hanya campuran batu dan tanah, sedangkan atapnya hanya terbuat dari bahan rumput ilalang. Namun kemudian di tahun 1767 benteng ini dipugar dan dibuat lebih kokoh dengan bahan yang lebih kuat yaitu tembok batu dan bata. Pembangunan diprakarsai oleh W.H. Van Ossenberg dan selesai pada tahun 1787, dimana benteng besar ini kemudian diberi nama Benteng “Rustenburg” yang berarti “Benteng Peristirahatan”.

Bencana alam gempa bumi dahsyat mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya di tahun 1867. Banyak bangunan besar yang rusak berat termasuk Benteng Rustenburg. Kemudian benteng inipun dipugar kembali menjadi lebih besar dan lebih kokoh dan berganti nama menjadi “Benteng Vredeburg” yang berarti “Benteng Perdamaian”.
Dan akhirnya pada tahun 1992 tepatnya pada tanggal 23 November 1992, berdasarkan SK Mendikbud RI Prof. Dr. Fuad Hasan No. 0475/0/1992, secara resmi Benteng Vredeburg ditetapkan sebagai Museum Khusus Perjuangan Nasional dengan nama resmi Museum Benteng Vredeburg Yoyakarta.

Denah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Denah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

 

Harga Tiket Masuk Benteng Vredeburg Yogyakarta

Dan bagi anda yang hendak berkunjung ke tempat wisata di Jogja ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk Benteng Vredeburg. Tapi jangan khawatir, karena harga tiket masuk Benteng Vredeburg ini sangat murah sekali dan bisa terjangkau oleh siapa saja. Dan bahkan pada hari-hari tertentu atau pada bulan tertentu, tiket masuk Museum Benteng Vredeburg GRATIS. Dan dengan membayar tiket yang sangat murah anda sudah bisa manikmati puluhan diorama perjuangan, bioskop gratis, koleksi museum, kemegahan benteng, dll.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Benteng Vredeburg Terbaru:

Daftar Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017
Daftar Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017 Terbaru
Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017 - Tiket Anak-anak
Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017 – Tiket Anak-anak
Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017 - Tiket Dewasa
Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta 2017 – Tiket Dewasa

 

Jam Buka Benteng Vredeburg Yogyakarta

Bagi anda yang bermaksud berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg salah satu informasi penting yang harus anda tahu adalah mengenai harga tiket masuk Benteng Vredeburg dan juga info jam buka Museum Benteng Vredeburg Jogja. Benteng Vredeburg Jogja buka jam 07.30 WIB – 16.00 WIB setiap hari Selasa sampai dengan Kamis. Sedangkan setiap hari Jumat sampai dengan Minggu Benteng Vredeburg buka jam 07.30 WIB – 16.30 WIB. Dan setiap hari Senin tempat ini tutup. Namun jangan khawatir, karena walaupun pada hari raya atau hari libur nasional Museum Vredeburg tetap buka untuk umum.

Itulah sedikit informasi tiket masuk Benteng Vredeburg, semoga info tentang Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta di atas bermanfaat bagi anda.

Pengunjung juga mencari:

  • Foto area kebun raya bogor
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *